Mata uang di Thailand adalah bath. Ketika kita berkunjung di Thailand kita harus mempersiapkan mata uang bath atau disingkat dengan simbol THB. berikut ini saya akan jelaskan mengenai pecahan mata uang terkecil di Thailand.


Koin 25 satang.  Koin ini berukuran paling kecil dari pecahan-pecahan lainnya. Koin ini biasanya berwarna kuning tembaga. Koin ini  bertuliskan ประเทศไทย artinya negara Thailand dan ada tulisan nominal ๒๕ สตางค้ artinya 25 satang sama dengan 0.25 THB. Penghitungan 1 THB sama dengan 100 Satang. Anda bisa mengumpulkan 4 koin pecahan 25 satang menjadi 1 THB.



Koin 50 satang. Koin ini berukuran lebih besar dari pecahan 25 satang. Koin ini berwarna kuning tembaga dan ada pula yang berwarna emas. Koin ini ada tulisan ประเทศไทย dan ada tulisan nominal ๕o artinya 50 satang. atau sama dengan 0.5THB. Anda bisa mengumpulkan 2 koin 50 satang menjadi 1 THB

Tips menggunakan koin
Kita bisa gunakan sebagai alat tukar di. Kasir masih menerima pecahan 25 satang dan 50 satang untuk membeli  barang. Toko yang menerima biasanya adalah supermarket dan mini market. Ada banyakjenis super market dan mini market di Thailand seperti : TESCO LOTUS, MAKRO, SEVEN ELEVEN, BIG C dan CENTRAL PLAZA.
Ada banyak  harga-harga produk yang menggunakan pecahan tersebut seperti produk
1. Susu
2. Air mineral dan Minuman ringan
3. Sayur-sayuran

Jangan malu. Walaupun ini merupakan pecahan pecahan terkecil masih mempunyai nilai yang berharga. Hilangkan rasa malu untuk membelanjakannya. Sebaiknya bertanya terlebih dulu secara sopan. " Can i use this coin?" bila penjual memperbolehkan maka kita bisa gunakan sebagai alat bayar. Bila tidak cukup simpan dulu untuk digunakan di lain waktu.

Hal yang tidak dianjurkan
Gunakan untuk memberi donasi. Setiap orang berhak untuk memberikan donasi pada kotak kotak amal yang ada di Thailand. Tampaknya banyak orang yang menggunakan pecahan 25 dan 50 satang untuk berdonasi. hal ini boleh boleh saja namun menurut saya tidak dianjurkan.

Disimpan untuk koleksi
bagi kolektor uang boleh-boleh saja menyimpan untuk koleksi namun bila jumlahnya banyak sebaiknya dikembalikan kepada fungsi semula sebagai alat tukar.

Dibuang
pecahan koin ini sangat berharga sebaiknya jangan dibuang.
Produk-produk dengan satuan 50 satang misalnya adalah susu

Demikian secara singkat penjelasan mengenai mata uang 25 satang dan 50 satang. Bila Anda ingin menggunakan mata uang ini untuk berbelanja di pasar lokal mungkin ada beberapa penjual atau kasir akan menolak, tidak apa-apa Anda bisa menukarkan di toko swalayan atau bank Thailand. Hingga saat ini tidak ada loket penukaran uang yang menerima koin ini. Bila rekan rekan memiliki informasi tambahan silakan sampaikan di komentar Anda di bawah ini.