Oleh Pujo Leksono, Phitsanulok.

Hari anak tanggal 12 Januari 2019 ,
dalam bahasa Thai " SUK SAK WAN DEK"
merupakan ucapan pada Perayaan hari anak di Thailand. Ini menjadi hari libur nasional setelah hari libur tahun baru. (Baca, Kebiasaan orang Thai dalam perayaan Tahun Baru)

Setiap tahun negara Thailand memperingati hari anak pada sabtu kedua bulan Januari. Peringatan hari anak di Thailand bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keberadaan anak-anak sebagai sumber daya manusia bagi masa depan bangsa.

Pemerintah Thailand memberikan perhatian anak Thailand pada perayaan kali ini. Pemerintah Thailand kegiatan Perayaan Hari Anak Nasional di gedung pemerintahan dengan mengusung tema "Thai children with volunteering mind for environmental development. " Di sana akan ada pertunjukan robot dan dinosaurus. Selain itu juga akan ada pertunjukan dari para artis dan aktor, pembagian hadiah makanan dan minuman.

Masyarakat Thailand merayakan khusus anak ini dengan berbagai macam kegiatan misalnya mengunjungi museum kebun binatang mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga.
Bertepatan  akhir pekan pusat pusat hiburan dan pertokoan di Thailand menyelenggarakan berbagai macam acara untuk anak-anak. Pentas seni anak-anak menambah Semarak nuansa meriah di Thailand.

Stasiun stasiun televisi menyiarkan acara acara untuk anak. Beberapa stasiun televisi di Thailand menyiarkan kegiatan di berbagai kota.

Hal yang unik juga adalah di dunia maya  di Facebook dan Instagram. Banyak para pengguna social media di Thailand mengunggah profil foto ketika mereka masih anak-anak. Tampak sangat lucu dan menarik.

Itulah cara orang Thailand menghargai dan memberi perhatian kepada anak-anak. " Anak anak yang rajin dan menggali ilmu pengetahuan sangat berguna bagi masa depan bangsa" demikian pernyataan Perdana Menteri Thailand untuk peringatan Hari Anak tahun ini.

Bagi orang dewasa, ini saatnya untuk mengenang masa kanak kanak yang penuh dengan keceriaan dan kejujuran. Ya Dunia anak anak adalah dunia yang jauh dari kepura-puraan.(Note Penulis)

Selamat hari Anak.