Festival Tahun Baru Cina Nakhonsawan

Chinese Lunar New Year's Day-Festival tahunan ini diselenggarakan secara meriah di Kota Nakhonsawan Thailand. Festival yang berlangsung dari tanggal 30 Januari  hingga tanggal 7 Februari dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Festival ini  sebagai perayaan Tahun baru China di Thailand  yang jatuh pada tanggal 5 Februari 2019.
Photo by Pornchai Anu

Dimana
Propinsi Nakhonsawan berjarak tempuh kira-kira 3 jam  dari Bangkok dengan jalur darat. Propinsi Nakhonsawan adalah propinsi yang berbatasan dengan Propinsi Phicit di bagian utara, dan bagian selatan Propinsi Uthaitani. Kota Nakhonsawan berada di perlintasan jalan antara Bangkok -Chiangmai. Banyak kendaraan umum selalu melintasi kota ini.Sehingga para turis akan mudah mencapai kota ini.

Google map Nakhonsawan
Pertunjukan
Festival yang diisi dengan berbagai pertunjukan setiap harinya. Bahkan hingga mendatangkan para artis dan penari dari negeri Tirai Bambu. Pertunjukkan barongsai akan menjadi suguhan yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh rakyat Thailand yang merayakan Tahun baru Cina. Pada penanggalan Thailand sendiri "Chinese New Year's Day" jatuh pada tanggal 5 Februari 2019.

Trasportasi Bis
Jarak dari Bangkok 229 km.  Nakhonsawan bisa ditempuh dengan Bus dari Terminal Mochit. Terminal bis Nakhonsawan ada di pusat kota. setiap bis yang menuju utara akan selalu singgah. Jadi transportasi Bis bisa menjadi alternatif utama untuk menuju lokasi ini. Selain itu kita bisa menyewa van bila dalam jumlah grup yang banyak. 8-10 orang atau wisata bersama keluarga, memilih menyewa van atau minibus akan lebih nyaman harga sewa sekitar 2500-3000 THB.

Pornchai Anu
Keunikan Lentera

Berbagai lentera menghiasi malam di kota Nakhonsawan. Selama sepekan gemerlap itu akan menyihir para pengunjung untuk menikmati kemegahan kota Nakhonsawan. Jembatan yang melintang di tengah kota Nakhonsawan akan dihiasi oleh berwarna-warni lampu. Bila melintasi kota Nakhonsawan maka akan tampak keindahan di malam hari.

Baca: Keindahan Kupu-Kupu di Khao Luang

Pornchai Anu
Komunitas China di Thailand
Komunitas-komunitas etnis china turun temurun sudah menetap di negeri  gajah putih. Terutama di Propinsi Nakhonsawan etnis china yang sudah menjadi warga Thailand telah menetap lama. Nakhonsawan yang merupakan pertemuan sungai sungai besar telah menjadi pusat niaga di masa lampau. Kota nakhonsawan sendiri dilintasi oleh sungai besar  tersebut. Perayaan ini menandai keberadaan masyarakat dari Cina yang bermukim di Thailand. Diperkirakan saat ini ada lebih dari 7 juta penduduk keturunan China yang menetap di seluruh Thailand.
Komunitas china di Nakhonsawan cukup banyak. Hal inilah yang menjadi alasan memilih kota Nakhonsawan sebagai pusat perayaan festival tahun baru China. Tiap tahun perayaan ini dibuat sangat meriah. Masyarakat Thailand tampak antusias berkunjung dan memeriahkan acara ini.

Penulis: Pujo Leksono
Narasumber: Terada Anuphaparadorn

Nakhonsawan.