Bangkok Air Quality Index (AQI) merilis laporan berupa data tingkat polusi udara di Kota Bangkok. Hingga berita ini ditulis 31 Januari 2019 terindikasi bahwa kondisi udara "Unhealty" 154 US/AQI. Bangkok Air Quality Index bahkan menunjukkan di beberapa lokasi hingga mencapai tingkat 171-176 US AQI.


Beberapa berita lokal mengabarkan bahwa polusi udara ini tidak hanya terjadi di Bangkok namun juga terjadi di beberapa propinsi lainnya. Beberapa instansi pemerintah, Sekolah dan Universitas pun mendapat instruksi dari Komisi pendidikan Thailand untuk diliburkan. Lebih dari 400 sekolah diliburkan untuk sementara. Perdana Menteri sendiri dalam pernyataannya mengatakan bahwa Polusi akan terus berlangsung hingga senin minggu depan.

Penyebab Polusi
Beberapa media mengabarkan bahwa penyebab polusi dalah pembakaran lahan pertanian, asap dari Industri, Asap kendaran bermotor.


Waspada
Partikel -partikel debu bisa mengakibatkan imflamasi pada paru -paru. Bagi rekan -rekan yang akan berkunjung ke Bangkok, hal ini perlu menjadi  perhatian. Penduduk Thailand mendapat himbauan untuk memakai Masker sebagai pelindung dan menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh.
Selain itu pula tetap menjaga kesehatan dengan mengurangi aktifitas di luar ruangan. Himbauan untuk tetap beraktifitas di dalam ruangan.

Penulis : Pujo Leksono
Thailand

Sumber : m.phys.org